Home > Risalah

Bila Iman Menurun, Apa Terapinya?

Banyak hal yang memengaruhi kondisi keimanan seseorang bertambah dan berkurang.
Menara masjid tempat pengeras suara seruan adzan. (Ilustrasi Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)
Menara masjid tempat pengeras suara seruan adzan. (Ilustrasi Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)

SumatraLink.id – Manusia adalah makhluk lemah dan tak berdaya, berbeda dengan malaikat. Terkadang keimanan seseorang pada saat tertentu menaik (bertambah) terkadang menurun (berkurang), bahkan ada yang sama sekali menghilang, na’udzubillahiminzalik (kita berlindung kepada Allah SWT dari hal tersebut).

Bagi seorang muslim, ada saatnya keimananannya meningkat dan ada saatnya berkurang atau melemah. Bergantung dengan kondisi kehidupannya saat itu. Ketika ketaatan menyertainya maka keimanannya bertambah, namun ketika kemaksiatannya melekat maka keimanannya melemah.

Abu ad-Darda’, sahabat Rasulullah SAW, Rodhiyallahuanhu (RA) mengatakan, iman itu bertambah dan berkurang (riwayat Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah).

Para salaful ummah pernah menyatakan, iman itu dapat dirasakan dalam hatinya melalui perkataaannya dan perbuatannya. Untuk merasakan hal tersebut bertambah dan atau berkurang keimanannya, Allah SWT berfirman:

“Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhan-lah mereka bertawakkal,” (QS. Al-Anfal: 2).

Terapi ini sangat menakjubkan, bila seorang muslim mendengarkan ayat-ayat Allah SWT dikumandangkan hatinya bergetar dan takut akan ancaman dan siksaan Allah SWT bila tidak menjalankan perintah-Nya dan juga menjauhi larangan-Nya.

Baca juga: Dua Nikmat yang Manusia Lalai, Apa Itu?

Ketika kumandang adzan di masjid dan musholla termasuk di radio, televisi, dan alarm handphone, hatinya berkecamuk dan bersegera ingin memenuhi panggilan Allah SWT untuk melaksanakan shalat wajib.

Bila dua hal tersebut belum juga tersentuh hati seorang muslim untuk memenuhi panggilan Allah SWT sebagai pencipta makhluk yang menguasai kerajaan langit dan bumi, dapat dipastikan kondisi keimanan mereka berkurang atau menurun.

Banyak hal yang memengaruhi kondisi keimanan seseorang berkurang atau menurun. Faktor kemaksiatan menjadi hal utama menyebabkan keimanan seseorang menurun. Kemaksiatan ini melalaikan seorang hamba dari ketaatan kepada Allah SWT.

× Image