Home > Risalah

Awali Setiap Pekerjaan dengan Basmallah

Dengan menyebut Nama Allah SWT, secara sadar kita memohon perlindungan dan keselamatan serta ampunan hanya dalam genggaman-Nya.
Ilustrasi aktivitas ibadah seseorang. (Foto: Republika.co.id/Edwin Dwi Putranto)
Ilustrasi aktivitas ibadah seseorang. (Foto: Republika.co.id/Edwin Dwi Putranto)

SumatraLink.id – Lafadz Basmallah, Bismillahi rohmaanirrohiim (dengan Nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang) atau Bismillah (dengan Nama Allah) saja, sepintas bagi kita mudah dibaca dan mudah diingat tapi sering kelupaan dalam aktivitas sehari-hari.

Padahal, menyebut lafadz basmallah di setiap awal pekerjaan kita baik dalam hal ibadah maupun terlebih soal dunia sangat bermakna untuk kelancaran dan kesuksesan aktivitas sehari-hari.

Bukankah yang menciptakan langit dan bumi, serta makhluk hidup lainnya adalah Allah Subhanahuwata’ala (SWT). Allah SWT yang menguasai kerajaan langit dan bumi beserta isinya. Sungguh, sangat hina dan tidak berdaya sama sekali manusia sebagai hamba-Nya, tanpa mendapat pertolongan Allah SWT.

Dalam aktivitas keseharian seorang muslim, mengawali pekerjaan dengan membaca basmallah sangatlah utama. Dengan menyebut Nama Allah SWT, secara sadar kita memohon perlindungan dan keselamatan serta ampunan hanya dalam genggaman-Nya, yang menguasai kehidupan ini.

Kita berlindung kepada Allah SWT dari kejahatan diri sendiri dan kejelekan amal-amal kita. Siapa pun yang Allah SWT beri petunjuk maka tidak ada yang dapat menyesatkan, dan siapa pun yang Allah SWT sesatkan, tidak ada yang dapat memberinya petunjuk atau hidayah.

Dalam hal ibadah, ketika mendirikan shalat, sebelum sah dan sempurnanya shalat didahului dengan berwudhu. Di saat memulai wudhu disunnahkan membaca basmallah.

Dalam kitab Musnad Imam Ahmad dari Abu Hurairah Rodhiyallahuanhu (RA), Sa’id bin Zaid dan Abu Sa’id, bahwa Nabi Muhammad Sholallahu’alahi wassalam (SAW) bersabda, “Tidak sempurna wudhu’ bagi orang yang tidak membaca nama Allah (basmallah) padanya,” (Hadist hasan).

Baca juga: Jangan Sepelekan Kalimat Ta'awudz

Begitu juga setiap kita membaca ayat-ayat atau awal surat dalam Al-Quran diawali dengan basmallah kecuali Surat At-Taubah. Dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir, lafadz basmallah lengkap, para sahabat membuka kitabullah dengan bacaan lengkap basmallah. Para ulama sepakat basmallah salah satu ayat dari Surat An-Naml.

Tetapi mereka berbeda pendapat, apakah basmallah itu ayat berdiri sendiri dan ditulis pada awal setiap surat, ataukah ia merupakan salah satu ayat dari setiap surat, atau ia merupakan bagian dari Surah Al-Faatihah dan bukan dari surat-surat lain. Ataukah ia ditulis di awal surat hanya untuk pemisah antara surat semata, dan bukan merupakan ayat. Ada perbedaan pendapat dikalangan ulama salaf dan khalaf.

Ketika hendak masuk kamar mandi atau toilet, disunnahkan membaca basmallah lalu berdoa. Seperti diketahui, tempat yang paling banyak berkumpul makhluk ghaib dari kalangan bangsa jin yakni di kamar mandi atau toilet.

× Image