Home > Senggang

Segudang Manfaat Pohon Bidara untuk Kesehatan

Di dunia, pohon bidara banyak durinya dan sedikit buahnya, sedangkan di akhirat nanti tidak ada durinya dan banyak buahnya.
Pohon bidara memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)
Pohon bidara memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)

SumatraLink.id – Belum banyak yang kenal tanaman ini. Bidara (Ziziphus mauritiana) namanya. Lazimnya tanaman, pohon bidara memiliki daun dan buah dengan ranting bercabang dan berduri. Keistimewaan bidara bagi manusia, selain bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun psikis, juga ajaibnya salah satu tanaman termaktub dalam Al-Quran, kitab suci umat Islam.

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri,” (QS. Al-Waqiah 27-28).

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, ayat ini menerangkan, keadaan mereka (golongan kanan) alami dan tempat kembali mereka. Sedangkan tempat mereka berada, Ibnu Abbas dan ulama lainnya, mengatakan, yaitu pohon yang tidak berduri, dan pohon yang dipenuhi buah-buahan.

Bahasa Al-Quran atau Bahasa Arab, bidara disebut Sidr. Pohon bidara di dunia saat ini sangat banyak berduri dan juga buahnya tidak banyak. Sebaliknya nanti di akhirat, pohon bidara tidak ada duri dan banyak buahnya.

Ada yang meneliti, pohon bidara berasal dari Afrika di wilayah kering atau panas, lalu menyebar ke Asia seperti Cina. Bidara juga sampai ke Indonesia, terutama di Aceh lalu menyebar ke Jawa dan Bali, serta daerah lainnya di Indonesia. Sehingga ada yang menyebut pohon ini Bidara Arab, Bidara Cina dan Bidara Aceh.

Pohon bidara segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, dan manfaat lainnya, juga diyakini dapat mengusir makhluk ghaib (setan dan jin) yang menggangu kehidupan manusia.

Dokter Sienny Agustin mengatakan, tanaman bidara memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya mencegah kanker. Manfaat ini diperoleh dari beragam senyawa aktif, seperti saponin dan flavonoid, yang terkandung di dalam daun bidara.

“Selain buah bidara, daun bidara juga dapat dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat,” kata dr Sienny Agustin dalam tulisannya yang dikutif dari alodokter.com, Ahad (29/9/2024).

Menurut dia, di Tiongkok daun bidara digunakan sebagai obat tradisional mulai dari mengatasi gangguan pencernaan hingga mencegah kanker, karena kandungan berbagai senyawa aktif, termasuk antioksidan, di dalam daun bidara.

× Image