Home > Risalah

Bulan Ramadhan Sebentar Lagi Tiba, Persiapannya?

Belum tentu Ramadhan tahun depan bertemu lagi. Jadikan Ramadhan ini terakhir, agar kita bersungguh-sungguh.

Ketiga, persiapan materi. Tidak dipungkiri bahwa memasuki bulan Ramadhan, kebutuhan menjadi meningkat, sehingga kita membutuhkan persiapan materi menjelang Ramadhan. Pengeluaran tentu bertambah, karena kita harus mempersiapkan fisik kita untuk menjalani ibadah Ramadhan selama sebulan penuh, termasuk Idul Fitri.

Peningkatan gizi sangat penting untuk menjaga stamina fisik kita dalam beribah. Selain itu, kita juga harus banyak beramal sholih lainnya seperti berinfaq dan sedekah. Semuanya itu, memerlukan dana tambahan yang halal. Untuk itu, perlu kita siapkan jauh hari sebelumnya.

Keempat, persiapan ruhiyah. Persiapan ruhiyah adalah sangat penting, agar Ramadhan kita tahun ini sungguh seakan menjadi Ramadhan kita yang terakhir. Untuk itu, kesempatan terakhir ini, seharusnya dapat kita manfaatkan untuk beribadah dan beramal sholih semaksimal mungkin. Jangan lagi ada kesan di benak kita, bahwa kita masih akan bertemu pada bulan Ramadhan tahun depan.

Dengan meresapi ibadah bulan Ramadhan ini, maka kita akan dapat menikmati hari-hari bulan penuh berkah ini dengan ikhlas dan khusyuk. Selama menjalani ibadah Ramadhan, kita akan terlatih dalam bertaubat, bersabar, ridho akan ketentuan Allah, berlapang dada, dan mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Inilah pilar-pilar spiritual yang akan meningkatkan derajat takwa kita di hadapan Allah SWT, seperti dalam hadist Qudsi, yang artinya: “Mereka rela meninggalkan syahwatnya dan makannya karena-Ku”.

Demikian materi bekal menyambut bulan Ramadhan tahun ini. Semoga Allah SWT memahamkan kita dalam soal agama, dan memberikan kekuatan kita dalam menjalani ibadah Ramadhan tahun ini. Aamiiin. Allhua’lam bishawab. (Mursalin Yasland)

× Image