Home > Kabar

Jamaah Calon Haji Asal Provinsi Lampung Terbagi 19 Kloter

Kloter perdana terbang ke Madinah melalui Bandara Sukarno-Hatta pada 12 Mei 2024
Masjidil Haram, Makkah, Saudi Arabia (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)
Masjidil Haram, Makkah, Saudi Arabia (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)

SumatraLink.id, Lampung – Jamaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Lampung mulai berangkat perdana pada 12 Mei 2024. Sebanyak 7.253 JCH terbagi dalam 19 kloter dengan dua kali gelombang keberangkatan dari Bandara Sukarno-Hatta.

Menurut Kepala Bidang Pengadaan Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kanwil Kementrian Agama Provinsi Lampung Ansori F Citra, JCH asal Lampung mulai terbang ke Tanah Suci melalui Bandara Sukarno-Hatta dari Bandara Radin Inten II Branti Lampung pada 12 Mei 2024.

“Keberangkatan JCH Lampung terbagi dalam dua gelombang keberangkatan,” kata Kabid PHU Kanwil Kemenag Lampung, Ansori F Citra dalam keterangan persnya yang diterima, Selasa (7/5/2024).

Dia mengatakan, gelombang pertama terdiri dari 10 kloter dan gelombang kedua sembilan kloter. JCH kloter pertama, akan masuk Asrama Haji Komplek Islamic Center, Rajabasa, Bandar Lampung pada 11 Mei 2024.

Setelah pemeriksaan kelengkapan keberangkatan, jamaah terbang dari Bandara Radin Inten II Branti Lampung menuju Bandara Sukarno-Hatta untuk terbang ke Madinah, Saudi Arabia pada 12 Mei 2024.

Kanwil Kemenag Lampung, kata Ansori, sedang mempersiapkan fasilitas di Asrama Haji untuk menerima tamu Allah dari Kota Bandar Lampung pada keberangkatan perdana JCH asal Provinsi Lampung. Termasuk penyediaan petugas kesehatan dan fasilitas poliklinik.

JCH kloter pertama yang akan masuk Asrama Haji berasal Kota Bandar Lampung. Jamaah akan terbang ke Madinah dari Bandara Sukarno Hatta pada 12 Mei pukul 06.00 WIB. Masing-masing kloter, terdiri dari 393 JCH termasuk petugas haji.

Sedangkan JCH kloter 2 akan masuk Asrama Haji berasal dari Kabupaten Lampung Tengah. Kloter 3 JCH asal Lampung Timur, kloter 4 JCH dari Lampung Utara. Kloter 5 JCH dari Pringsewu, kloter 6 gabungan JCH Kabupaten Tulangbawang dan Kota Bandarlampung.

Selanjutnya, pada 18 Mei 2024, JCH asal Lampung Selatan, pada 19 Mei JCH Bandar Lampung ditambah sisa JCH Lampung Selatan. Sedangkan JCH asal Lampung Tengah dalam dua kloter sisa pada gelombang pertama.

Kemudian disusul keberangkatan JCH gelombang kedua atau kloter 11 yang akan berangkat berasal dari Lampung Timur. Kemudian kloter 12 JCH asal Kota Metro ditambah sisa JCH dari Lampung Timur.

Kemudian, JCH kloter 13 JCH asal Bandar Lampung dan Lampung Tengah, kloter 14 JCH asal Way Kanan ditambah Tulangbawang Barat, kloter 15 asal Tanggamus dan Pringsewu, kloter 16 asal Mesuji dan JCH sisa Lampung Utara. Selanjutnya, kloter 17 JCH asal Bandar Lampung, kloter 18 asal Pesisir Barat, dan kloter 19 JCH asal Pesawaran.

Ketika masuk Asrama Haji, JCH akan menerima fasilitas dari panitia, serta dilakukan pengecekan syarat-s yarat yang telah ditentukan untuk keberangkatan. Paspor JCH tidak diserahkan di Asrama Haji seperti tahun sebelumnya. Paspor akan diberikan saat berangkat ke bandara. (Emye)

Editor: Mursalin Yasland

× Image