Home > Kabar

Ribuan Petugas di Lampung Cek Kesehatan Hewan Kurban di Sentra Peternakan

Pemerintah memberikan rasa aman dan nyaman hewan kurban sehat, utuh, dan segar tanpa penyakit
Salah satu peternakan kambing hewan kurban di Kota Bandar Lampung. (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)
Salah satu peternakan kambing hewan kurban di Kota Bandar Lampung. (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)

SumatraLink.id, Lampung – Menjelang hari raya Idul Adha 1445 atau hari raya kurban, seribuan lebih petugas gabungan melaksanakan pengecekan kesehatan hewan kurban di sentra peternakan hewan di Lampung. Petugas memastikan hewan kurban yang didistribusikan ke lapak-lapak penjualan sehat dan segar.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Diskeswan) Provinsi Lampung menerjunkan petugas sebanyak 1.116 orang untuk turun ke lokasi peternakan dan kandang ternak hewan kurban di wilayah Lampung. Para petugas tersebut akan mengawasi dan mengecek kesehatan hewan kurban sebelum didistribusikan ke luar. Selain itu, mengecek di lapak penjualan hewan kurban dan di masjid atau mushallah saat pemotongan hewan kurban.

Kepala Disnakeswan Lampung Lili Mawarti mengatakan, sejumlah petugas kesehatan hewan gabungan tersebut melakukan pengawasan dan pengecekan kesehatan hewan kurban di sentra peternakan di Lampung. Petugas peterakan ini gabungan dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Petugas tersebut selain dari Disnakeswan se-Provinsi Lampung juga ditambah dari Balai Veteriner, Balai Karantina Pertanian, asosiasi PDHI, ISPI, Paravetindo, dan akademisi. “Pengawasan dan pengecekan ini dilakukan dua pekan sebelum hari raya Idul Adha,” kata Lili Mawarti dalam keterangan persnya yang diperoleh SumatraLink.id (REPUBLIKA NETWORK), Senin (27/5/2024).

Data Disknakeswan Lampung, 1.116 orang petugas pemeriksa kesehatan hewan terdiri dari dokter hewan sebanyak 145 orang, tenaga teknis peternakan 564 orang, paramedis veteriner hewan 217 orang, dan ditambah relawan kesehatan hewan 109 orang.

Menurut Lili, pengawasan dan pengecekan kesehatan hewan menjelang Idul Adha merupakan kegiatan rutin tahunan Disnakeswan Lampung bersama 15 kabupaten/kota di Lampung. Hal ini bertujuan untuk menjamin kesehatan dan keamanan pangan hewan dan daging kurban yang ternaknya didistribusikan ke masyarakat untuk kurban.

Ia mengatakan, hewan dan daging kurban menjadi hal pokok dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam berkurban seperti hewan yang sehat dan kondisi tubuh utuh, dan daging yang aman dari penyakit serta halal dikonsumsi.

Sedangkan ketersediaan hewan kurban pada musim haji tahun 1445 H/2024 M melebihi dari kebutuhan pekurban di wilayah Provinsi Lampung. Kebutuhan hewan kurban di provinsi ujung Selatan Pulau Sumatra ini sebanyak 74.892 ekor, sedangkan ketersediaan hewan kurban 84.937 ekor.

× Image