Home > Ulasan

Arinal dan Mirza, Sudut Pandang Wartawan

Kedua sosok ini siap berkontestasi pada Pilgub Lampung pada 27 November 2024.
Menara Siger Lampung di depan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. (Foto: pariwisatalamsel.com)
Menara Siger Lampung di depan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. (Foto: pariwisatalamsel.com)

SumatraLink.id, Lampung – Oleh Mursalin Yasland (Jurnalis)

Video celetukan Tiktoker Bima Yudho Saputro dari negeri seberang, telah melambungkan nama Arinal Djunaidi di jagat maya negeri ini. Bahkan, Presiden Jokowi turun gunung menyaksikan langsung kondisi jalan rusak parah di Lampung.

“Jalan (di Lampung) sangat mulus. Saya dan Pak Zulkifli Hasan sampai tertidur,” kata Jokowi ditanya wartawan seusai naik mobil kepresidenan ke lokasi jalan rusak di Lampung Tengah, pada 5 Mei 2023. Saya tidak tahu ini pujian atau sindiran.

Dari kejadian itu, Provinsi Lampung dan nama Arinal selaku gubernur Lampung mencuat dan menjadi trending topik nasional. Wartawan berbagai media sibuk, beritanya jadi running hingga sepekan.

Bahkan, editor tempat saya bekerja kala itu tak melewatkan sedetik pun berita semacam itu. “Viewers-nya masih tinggi,” ujar sang editor yang matanya terus menongkrongi dashboard situsnya.

Beberapa keluarga dan rekan kerja dan sekolah di Tanah Jawa dan Sumatra setiap bertemu dipastikan menanyakan kejadian itu. Lampung menjadi tersohor, luar biasa, tapi ironisnya soal jalan rusak.

Arinal (68 tahun), berasal dari keluarga besarnya di Lampung Utara (sebelum pemekaran jadi Waykanan) bernasib mujur. Karir PNS-nya dari bawah hingga pucuk jabatan pegawai sampai pensiun. Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, jabatan terakhirnya. Sebuah jabatan yang sulit diraih seorang PNS/ASN apalagi di tingkat provinsi. “Pala’nyo pegawai,” baso wong kito Palembang.

Ketika menjabat Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Metro, saya sudah mengenalnya (meski dia tidak mengenal saya) saat liputan kunjungan Menteri Pertanian meninjau sawah di Kota Metro. Kala itu, orangnya biasa-biasa saja gaul-lah, kata anak zaman ini. Karir Arinal termasuk moncer, tidak pernah duduk di “bangku panjang”.

Hijrah ke Pemprov Lampung, Arinal menjabat Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Lampung di era Gubernur Lampung Sjachroedin ZP. Ketika menjabat ini, Arinal mulai sedikit “sensitif” dengan pemberitaan wartawan maupun saat dikonfirmasi wartawan di Lampung khususnya yang ngepos di Kantor Pemprov Lampung.

× Image