Home > Kabar

84 Anggota DPRD Lampung Terpilih Dilantik, Lima Caleg Diantaranya Daftar Pilkada

Terdapat seorang anggota DPRD Lampung dari Gen-Z yang dilantik.
Pelantikan 84 calon anggota legislatif DPRD Lampung terpilih di Ruang Rapat Paripurna DPRD Lampung, Senin (2/9/2024). (Foto: pt-tanjungkarang.go.id) 
Pelantikan 84 calon anggota legislatif DPRD Lampung terpilih di Ruang Rapat Paripurna DPRD Lampung, Senin (2/9/2024). (Foto: pt-tanjungkarang.go.id)

SumatraLink.id, Lampung – Sebanyak 84 dari 85 calon anggota legislatif (caleg) Lampung terpilih dilantik pada Rapat Paripurna DPRD Lampung pada Senin (2/9/2024). Dari jumlah itu, terdapat lima caleg terpilih yang mendaftar sebagai kandidat pada kontestasi pilkada serentak pada 27 November 2024.

Lima caleg terpilih tersebut yakni Rahmat Mirzani Djausal dari Partai Gerindra (sebagai kandidat Pilgub Lampung), Nanda Indira Bastian dari PDIP (kandidat Pilkada Kabupaten Pesawaran), Parosil Mabsus dari PDIP (kandidat Pilkada Kabupaten Pilkada Lampung Barat), Winarti dari PDIP (kandidat Pilkada Kabupaten Tulangbawang Barat), dan Ririn Kuswantari (kandidat Pilkada Kabupaten Pringsewu).

Kelima caleg terpilih ini tidak dilantik sebagan anggota DPRD Lampung namun digantikan caleg lain yang memeroleh suara terbanyak berdasarkan urutannya. Hanya caleg terpilih Ririn Kuwantari yang belum mendaftarkan nama caleg penggantinya, sehingga terhadap satu orang caleg belum dilantik.

Rahmat Mirzani Djausal dari dapil 1 Bandar Lampung digantikan Fauzi Heri, Nanda Indira diganti dari Dapil 3 Pringsewu, Pesawaran dan Metro digantikan Andy Roby. Parosil Mabsus dari dapil Lampung 4 digantikan AM Syafe’i, kemudian Winarti dari dapil Lampung 6 digantikan Ketut Rameo. Ririn Kuswantari belum selesai mengurus administrasi caleg panggantinya.

Kepala Pengadilan Tinggi Lampung melantik langsung sebanyak 84 caleg terpilih sebagai anggota DPRD Lampung periode 2024-2029, disaksikan Penjabat Gubernur Lampung Samsudin dan pimpinan Forkopimda Lampung. Terpilih sebagai Ketua DPRD Lampung sementara Ahmad Giri Akbar dari Fraksi Gerindra.

Terdapat seorang anggota DPRD Lampung yang dilantik dari Generasi Z yakni Sasa dari Fraksi PKB. Ia kelahiran 26 Februari 1998. Sasa ini adik dari Chusnunia, caleg terpilih DPR-RI yang juga mantan Wagub Lampung, dan juga adik dari Jihan Nurlela, anggota DPD-RI, yang juga bakal calon wakil gubernur Lampung.

Menurut Sasa, sebagai anak muda diberikan kesepatan untuk berperan dan diberikan ruang seluas-luasnya dalam kancah perpolitikan dan pembangunan. “Sebagai perwakilan anak muda, generasi milenial, dan Gen-Z, dapat menyampaikan aspirasi di parlemen,” kata Sasa yang juga seorang dokter.

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah kursi parpol yang ada di DPRD Lampung hasil Pemilu 2024 yakni Partai Gerindra 16 kursi, PDIP 13 kursi. PKB 11 kursi, Partai Golkar 11 kursi, Partai Nasdem 10 kursi, Partai Demokrat 9 kursi, PAN 8 kursi, dan PKS 7 kursi. (Emye)

Editor: Mursalin Yasland

× Image