Home > Kabar

Pemkot Bandar Lampung Bantu Perbaiki Rumah Warga Terdampak Banjir

Banyak warga mendirikan rumah di badan sungai, akibatnya saluran mengecil dan tidak lancar.
Anggot Brimob Polda Lampung bantu warga korban banjir di Bandar Lampung, Sabtu (24/2/2024) malam. (Foto: Polda Lampung)
Anggot Brimob Polda Lampung bantu warga korban banjir di Bandar Lampung, Sabtu (24/2/2024) malam. (Foto: Polda Lampung)

SumatraLink.id, Lampung – Pemkot Bandar Lampung akan membantuk biaya perbaikan sejumlah rumah yang rusak akibat terdampak banjir yang terjadi Sabtu (24/2/2024) petang. Saat ini, petugas masih mendatang rumah warga yang rusak terdampak banjir setinggi 1 meter lebih.

“Kami masih mendata rumah warga yang rusak akibat banjir,” kata Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana saat meninjau lokasi banjir, Ahad (25/2/2024).

Setelah dilakukan pendataan yang akurat, dia mengatakan pemkot akan membantu perbaikan rumah-rumah warga yang rusak parah setelah diterjang banjir, saat terjadi hujan lebat beberapa jam Sabtu lalu.

Mengenai penyebab banjir, dia mengatakan selain dampak dari tinggi curah hujan, juga masih banyak warga yang mendirikan rumah di badan sungai, sehingga badan sungai mengecil, dan daya tampung air berkurang.

Eva sudah perintahkan camat dan lurah untuk membongkar rumah-rumah yang berdiri di badan sungai, agar saluran air yang ada di sungai mengalir dengan lancar dengan volume yang cukup.

Hujan yang mengguyur Kota Bandar Lampung, Sabtu (24/2/2024), menenggelamkan sejumlah wilayah di pemukiman penduduk. Kondisi terparah berada di Kecamatan Rajabasa Induk dan Kecamatan Rajabasa Raya. Di wilayah tersebut ratusan rumah warga terendam banjir.

Camat Rajabasa Hendry Satria Jaya membenarkan wilayah pemukiman penduduk di daerahnya mengalami banjir. Menurut dia, terdata 160 rumah warga teredam banjir. Petugas masih mendata jumlah persis rumah warga terdampak parah kerusakannya karena terjangan banjir.

Genangan air juga terjadi wilayah Kedamaian, Jl Urip Sumohardjo, dan juga kawasan Wayhalim, Bumi Waras, Labuhan Ratu, Jagabaya, dan Korpri. Meski pada Ahad (25/2/2024), kondisi air sebagian wilayah sudah menyurut, namun warga masih berjaga-jaga dan waspada karena saat ini Ahad petang masih turun hujan dengan curah juga lebat.

Pemkot Bandar Lampung menyiagakan petugas di 31 puskesmas untuk membantu warga yang terdampak banjir. Petugas kesehatan turun ke lokasi banjir untuk mengecek kesehatan warga terdampak banjir.

“Tenaga kesehatan kami sudah siapkan dan siaga di rumah-rumah warga yang terdampak banjir," kata Eva Dwiana. (Emye)

Editor: Mursalin Yasland

× Image