Home > Kabar

Pembeli Sepi, Toko Buku Pasar Bawah dan Tengah Masih Bertahan

Stok buku fisik pelajaran sekolah dan kuliah masih menumpuk banyak dan tersimpan di rak kios.

Sedangkan toko buku yang berada di Jalan Radin Intan sekitaran Mal Ramayana dan Pasar Tengah, menjual buku-buku agama. Seperti Toko Buku Alaydrus dan Toko Buku Balai Buku. Kedua toko buku tersebut sudah terkenal di Lampung, pasalnya pengunjung yang anaknya sekolah agama mencari buku pelajaran agama di Alaydrus dan Balai Buku.

Toko Buku Balai Buku juga tidak mengambil untuk banyak kepada pembeli. Hal tersebut sebagai jurus mereka bisa bertahan dalam mengelola usaha toko buku. Bahkan, seperti pernah dituturkan Umi, pemilik toko buku tersebut, ia langsung memberikan diskon sekitar 20 persen untuk buku-buku agama tertentu sejak lama.

Meski telah memberikan diskon sejak lama, saat ini pembeli buku sudah berkurang. Biasanya, pembeli ramai mengunjungi Toko Balai Buku terutama yang mencari buku-buku terkait dengan agama, terutama Kitab Suci Al-Quran. Pemilik toko telah merehab tokonya dan diberikan pendingin ruangan agar pembeli dapat nyaman mencari buku-buku yang diinginkan di rak pajangan.

Sedangkan Toko Buku Alaydrus, selain menjual kitab-kitab dalam Bahasa Arab untuk sekolah madrasah dan pondok pesantren, juga menjual minyak wangi dan aksesoris untuk ibadah lainnya seperti sajadah, tasbih, minyak wangi, obat-obatan herbal, kurma, dan lainnya.

Meski harga yang ditawarkan pemilik toko dengan harga nego atau masih bisa ditawar, tetapi pembeli tetap sepi. Meski demikian, toko tersebut masih tetap bertahan sampai sekarang. (Mursalin Yasland)

× Image