Home > Historia

Soeharto Ganti Kabinet 100 Menteri Sukarno jadi Kabinet Ampera

Kabinet Ampera ini dikenal dengan cikal bakal kabinet pemerintahan Orde Baru.
Presiden Sukarno melantik para menteri Kabinet Ampera tahun 1966. (Foto: Repro Fajar Orde Baru)
Presiden Sukarno melantik para menteri Kabinet Ampera tahun 1966. (Foto: Repro Fajar Orde Baru)

SumatraLink.id – Jenderal Soeharto yang mengemban amanat Surat Perintah 11 Maret 1966 mendapat perintah tugas dari Sidang Umum ke IV MPRS untuk membentuk kabinet baru. Kabinet itu bernama “Kabinet Ampera”, yang menggantikan “Kabinet 100 Menteri” bentukan Presiden Sukarno.

Amanat tersebut dilaksanakan Soeharto dengan tujuan mengembalikan kemurnian Pancasila dan Undang Undang Dasar (UUD) 1945 pasca-tragedi “Gerakan 30 September 1965”. Pada "Kabinet 100 Menteri" yang dikenal “Kabinet Dwikora II” yang beranggotakan 100 menteri terdapat sejumlah menteri yang terindikasi pemberontakan G30S/PKI.

Jenderal Soeharto terpaksa menyusun kembali Kabinet Dwikora sebagai akibat dari pengamanan para menteri yang terlibat gerakan tersebut. Terdapat 15 menteri yang terindikasi gerakan tersebut diamankan pada 18 Maret 1965. Pengamanan para menteri tersebut dinilai menghambat kebijaksaan pimpinan negara.

Pada 25 Juli 1966, Soeharto berhasil membentuk kabinet baru bernama Kabinet Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat). Jumlah kabinet ini sangat sedikit hanya 24 orang menteri yang berasal dari Partai Politik (Parpol), Nonparpol, dan unsur ABRI.

Pembentukan Kabinet Ampera ini, setelah Soeharto berkonsultasi dengan MPRS, DPRGR, dan sejumlah parpol dan ormas. Upaya Soeharto ini mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk Presiden Sukarno.

Berdasarkan hasil Sidang Umum MPRS, yang dinilai sebagai landasan kepemimpinan Orde Baru, maka banyak yang menyebutkan Kabinet Ampera ini cikal bakal (pertama) dari kabinet era Orde Baru pimpinan Soeharto. Kabinet ini memiliki Dwi Darma dan Catur Karya yang menjadi ciri khas Orde Baru.

Diantaranya, tatanan baru dalam seluruh kehidupan rakyat, bangsa dan negara yang diletakkan kembali kepada kemurnian pelaksanaan UUD 1945. Orde Baru juga merupakan koreksi total terhadap penyelewengan-penyelewengan di segala bidang yang terjadi pada era sebelumnya.

Selain itu, menyusun kembali kekuatan bangsa dan menciptakan cara-cara yang tepat untuk menumbuhkan stabilitas nasional jangka panjang sehingga mempercepat proses pembangunan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Catur Karya Kabinet Ampera yakni perbaikan peri kehidupan rakyat, terutama di bidang sandang dan pangan, mengadakan Pemilihan Umum (Pemilu), menjalankan politik luar negeri yang bebas dan aktif untuk kepentingan nasional, dan meneruskan perjuangan anti-imperialisme dan kolonialisme dalam segala bentuk dan manifestasinya.

× Image