Home > Kabar

Kapolda Lampung: Ada Potensi Tawuran Saat Sahur On The Road

Jajaran Polda Lampung tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi-potensi gangguan kamtibmas saat Ramadhan.
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika mengunjungi pedagang di Pasar Tamin Bandar Lampung, Jumat (8/3/2024). (Foto: Dok. Polda Lampung)
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika mengunjungi pedagang di Pasar Tamin Bandar Lampung, Jumat (8/3/2024). (Foto: Dok. Polda Lampung)

SumatraLink.id (REPUBLIKA NETWORK) -- Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika mengimbau masyarakat tidak memainkan petasan, balap liar, dan tawuran yang merusak suasana ibadah di Bulan Suci Ramadhan. Selain itu, Kapolda juga berharap masyarakat tidak belanja kebutuhan pokok secara berlebihan.

“Antisipasi adanya potensi tawuran menjelang subuh, sahur on the road, balap liar serta kejahatan-kejahatan jalanan atau street crime,” kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika di saat kunjungan ke pasar-pasar tradisional Kota Bandar Lampung, Jumat (8/3/2024).

Helmy Santika juga mengingatkan kembali agar langkah-langkah pemolisian terus dilakukan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas pada saat Ramadhan, seperti bermain petasan dan lainnya yang merusak aktivitas ibadah di bulan puasa.

“Petakan kelompok-kelompok pelaku tawuran di masing-masing wilayah, lakukan edukasi dan imbauan agar tidak ada sahur on the road dan balap liar saat Ramadhan,” kata Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengingatkan jajaranya untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi-potensi gangguan kamtibmas yang mengganggu pelaksanaan ibadah puasa. Dia menginstruksikan kepada jajaran Polda Lampung agar patroli kewilayahan ditingkatkan pada waktu rawan tawuran saat sahur dan menjelang buka puasa.

Mengenai ketersediaan bahan pokok, Kapolda berharap warga tidak belanja secara berlebihan menghadapi bulan Ramadhan.

“Stok pangan cukup, sebaiknya tidak belanja berlebihan. Belilah secukupnya, meski ibu-ibu pasti ingin memberikan yang terbaik bagi keluarganya saat puasa dalam berbuka dan sahur,” kata Irjen Helmy Santika saat berdialog dengan warga dan pedagang di Pasar Tamin, Bandar Lampung, Jumat (8/3/2024)

Kapolda mengingatkan jajarannya untuk terus memetakan ketersediaan dan distribusi bahan pangan serta melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya. (Emye)

Editor: Mursalin Yasland

× Image