Home > Kisah

Terminal Rajabasa Sepi, Terminal Bayangan Justru Ramai (Bag. 2/Habis)

Beri jaminan keamanan dan kenyamanan agar penumpang kembali ke terminal.

Berdasarkan pemantauan SumatraLink.id (REPUBLIKA NETWORK) di Terminal Rajabasa Kota Bandar Lampung, Kamis (28/3/2024), fasilitas publik yang telah disiapkan dan disediakan pengelola terminal sudah cukup memadai, meski beberapa tempat masih perlu diperbaiki dan tingkatkan pelayanannya.

Beberapa penumpang bus, berharap pengelola dan pemerintah terus memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan penumpang di dalam terminal dari tindak kekerasan dan kriminalitas seperti imej “angker” yang masih belum hilang di masyarakat.

“Kalau fasilitas sudah baik dari sebelumnya, tapi memang penumpang masuk terminal masih sepi saja, barang kali belum ada jaminan keamanan dan kenyamanan penumpang di dalam Terminal Rajabasa,” kata Rudi, warga Hanura, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Menurut dia, lampu penerangan, toilet, tempat tunggu penumpang dan layanan bus saat ini sudah memadai dibandingkan zaman dulu yang semrawut. Selain itu, penataan di terminal baik angkutan bus penumpang, pengantar, tukang ojek, angkot, sudah mulai teratur.

Marsusi mengatakan, perbaikan dan peningkatan layanan publik terus dilakukan dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan penumpang. Ia mengatakan salah satu hal penting seperti kamar mandi (toilet), ruang tunggu penumpang, dan bagi ibu menyusui dan lainnya sudah disiapkan.

Selain itu, pihak pengelola termina juga telah menyiapkan ruang tunggu khusus bagi penumpang yang ingin bermalam di terminal dan akan melanjutkan perjalanan esok harinya. Pada arus mudik lebaran mendatang, juga biasanya disiapkan posko kemanana, agar penumpang aman dan nyaman. (Mursalin Yasland)

× Image