Home > Risalah

Sifat Sombong Berujung Binasa dan Celaka

Kisah pemilik kebun buah-buahan yang sombong dan pelit tidak mau berbagi dengan orang lain, berakhir kebunnya hangus terbakar.

Banyak kita saksikan umat pada akhir zaman ini, yang memiliki kecerdasan, memiliki harta berlimpah, dan memiliki kelebihan lainnya, langsung lupa dengan pencipta-Nya. Justru dengan kelebihannya menjadikannya lalai dengan perintah Yang Maha Pencipta.

Seperti kisah pemilik kebun buah-buahan, yang dinukil dari Buku Kisah-Kisah dalam Al-Quran versi Tadabbur karya Dr Abdul Karim Zaidan (2019). Seorang pemilik di zamannya selalu menunaikan hak Allah dari hasil kebun buah-buahan miliknya.

Setelah meninggal dunia, kebun miliknya berpindah tangan kepada anak-anaknya di Makkah. Kebun warisan ini menjadikan anak-anaknya kikir dan sombong, tidak mau berbagi hasil kebunnya dengan orang lain. Bahkan, anak-anaknya bersumpah untuk memetik hasil kebun pada waktu pagi.

Mereka akan masuk kebun pada pagi-pagi hari untuk memetik buah-buhana, sebelum orang lain keluar rumah. Mereka tidak ingin tahu oleh orang lain orang fakir atau pengemis, bila mereka panen hari itu. Intinya, mereka tidak mau menyedekahkan hasil panen buahnya kepada orang lain.

Ketika mereka bersumpah pasti akan mengambil (hasilnya/panen) pada esok pagi. Tetapi mereka tidak menyisihkan ucapan in Sha Allah.

“Lalu kebun itu ditimpa bencana (yang datang) dari Tuhanmu ketika mereka sedang tidur. Maka jadilah kebun itu hitam seperti malam yang gelap gulita,” (QS. Al-Qolam: 19-20).

Allah berkehendak lain atas sumpah mereka. Allah timpakan bencana kepada kebun mereka pada malam hari, sedangkan mereka yang bersumpah tadi tidur lelap dan pulas menunggu besok pagi.

Baca juga: Jangan Menjadi Orang Buta di Akhirat

Mereka bangun, dan pergi pagi-pagi hari untuk panen buah, sebelum orang bangun atau ketahuan orang fakir dan peminta-minta. Mereka keluar saling berbisik-bisik, dan bersembunyi menuju kebunnya. Mereka sudah berbangga diri akan panen buah yang banyak tanpa diketahui orang atau diminta orang lain.

“Maka ketika mereka melihat kebun itu, mereka berkata, ‘Sungguh kita ini benar-benar orang-orang yang sesat, bahkan kita tidak memeroleh apa pun,’” (QS. Al-Qolam: 26-27).

Anak-anak pemilik kebun tercengan melihat kebun mereka hangus terbakar, dan tidak sedikitpun tersisa dari hasil panennya yang sudah menjadi hitam pekat seperti malam hari.

Baca juga: Berjumpa di Bawah Payung Madinah

Dari kisah ini, dapat diambil ibroh yang bijak, kalau diri manusia itu pasti memiliki kelemahan dan kekurangan meski sesungguhnya di dunia ia memiliki ilmu yang tinggi, harta yang banyak, kedudukan yang tinggi di atas orang lain.

Namun, semua itu tidak dipergunakan untuk mengingat dan menunaikan hak Allah SWT yang memberinya nikmat di dunia. Kesombongan seseorang ini telah melalaikan mereka kepada Yang Maha Kuasa, dan pasti berakhir celaka dan binasa. Allahua’lam bishawab. (Mursalin Yasland)

× Image