Home > Senggang

Segudang Manfaat Pohon Bidara untuk Kesehatan

Di dunia, pohon bidara banyak durinya dan sedikit buahnya, sedangkan di akhirat nanti tidak ada durinya dan banyak buahnya.

Buah bidara dari masih muda warna hijau menjadi merah bila sudah tua. (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland) 
Buah bidara dari masih muda warna hijau menjadi merah bila sudah tua. (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)
Daun Bidara

Dokter Sienny mengatakan, bidara merupakan pohon kecil yang memiliki cabang berduri dan tumbuh setinggi 5–10 meter. Daun bidara memiliki bentuk oval dengan permukaan mengilap berukuran panjang 2–7 sentimeter.

Tanaman ini kaya akan nutrisi, termasuk pada daunnya. Daun bidara diketahui mengandung ragam senyawa yang baik untuk tubuh, seperti alkaloid, triterpenoid, saponin, flavonoid, dan tanin. Kandungan bidara ini bersifat antioksidan yang dapat menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Daunnya juga bersifat antimikroba dan antibakteri.

Daun bidara kaya manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

1. Mengatasi insomnia. Daun bidara digunakan untuk mengatasi gangguan tidur karena sifat antioksidan dalam daun bidara yang dapat mengurangi kecemasan berlebih sehingga membuat sulit tidur.

2. Mengatasi gangguan saluran cerna, infeksi bakteri, atau kolera. Penelitian menunjukkan kandungan flavonoid, saponin alkaloid, dan tanin di dalam ekstrak daun bidara memiliki sifat antibakteri. Daunnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri vibrio cholerai yang menyebabkan kolera.

3. Mencegah diabetes. Seorang yang menjalani gaya hidup tidak sehat atau sering merokok, dan kurang konsumsi makanan antioksidan dapat menyebabkan stres oksidatif, kerusakan pembuluh darah, dan peningkatan gula darah di tubuh. Untuk itu mengkonsumsi ekstrak daun bidara yang memiliki sifat antioksidan mampu menangkal radikal bebas atau mencegah diabetes.

4. Menurunkan kolesterol. Gaya hidup yang tidak sehat dengan mengkonsumsi makanan antioksidan meningkatkan kadar kolesterol yang berujung penyakit jantung koroner. Untuk itu, kadar kolesterol dapat diatas dengan mengkonsumsi daun bidara, karena daun ini mengandung senyawa aktif seperti triterpenoid, tanin, dan flavonoid yang bersifat antioksidan.

5. Mencegah kanker. Daun bidara juga memiliki peran lainnya yang tidak kalah penting yaitu mencegah pertumbuhan sel kanker. Senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan dalam daun bidara mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel. Rusaknya sel-sel dalam tubuh bisa menjadi penyebab utama penyakit kronis, salah satunya kanker. Untuk itu, mengonsumsi esktrak daun bidara bermanfaat untuk mencegah kanker.

Dari lima manfaat itu, ternyata masih banyak lagi manfaat lainnya mengkonsumsi daun bidara, seperti mengatasi sembelit, mengobati infeksi kulit, serta menurunkan demam, stomatitis, dan asma.

“Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas daun bidara dan risiko terjadinya efek samping,” kata dr Sienny Agustin.

Anda bisa mengonsumsi teh daun bidara tiga kali sehari. Teh bidara bisa dibuat dengan cara merebus daun bidara. Anda juga bisa memperoleh manfaat daun bidara dengan mengkonsumsi suplemen yang dijual di pasaran. Sebelum mengkonsumsi daun bidara dalam bentuk suplemen, pastikan berkonsultasi dengan dokter, terlebih ibu hamil atau alergi obat.

× Image