Home > Senggang

Segudang Manfaat Pohon Bidara untuk Kesehatan

Di dunia, pohon bidara banyak durinya dan sedikit buahnya, sedangkan di akhirat nanti tidak ada durinya dan banyak buahnya.

Daun dan buah bidara sangat berkhasiat untuk tubuh manusia. (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)
Daun dan buah bidara sangat berkhasiat untuk tubuh manusia. (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)
Buah Bidara

Selain daunnya, pohon bidara memiliki buah. Belum banyak yang tahu kekhasiatan buah bidara untuk kesehatan. Buah bidara dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga fungsi saluran pencernaan, dan lainnya. Buah bidara atau orang India menyebut indian jujube merupakan buah khas dari Asia Selatan yang kaya akan nutrisi.

Buah bidara berbentuk bulat dengan ukuran sebesar buah pir. Apabila matang, warnanya berubah dari hijau menjadi merah tua. Semakin matang, tekstur buahnya semakin keriput dan lunak, tetapi masih bisa dimakan beserta kulit tipisnya.

Menurut Dokter Airindya Bella, kandungan buah bidara sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Buah bidara juga kaya akan air, sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Di dalam 100 gram buah bidara, terkandung beragam nutrisi, seperti 20 gram karbohidrat, 1 gram protein, 10 gram serat, dan 69 mg vitamin C.

“Buah bidara juga mengandung beberapa mineral lain yang meliputi kalium, sodium, mangan, zinc, tembaga, serta beragam senyawa bioaktif, seperti, fenol, flavonoid, saponin, asam triterpenat, dan fenol,” kata dr Airindya Bella dalam tulisannya yang dikutip dari alodokter.com, Ahad (29/9/2024).

Segudang khasiat buah bidara bagi kesehatan diantaranya: 1. Menangkal radikal bebas. Buah bidara memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat berkat kandungan beragam senyawa aktif di dalamnya. Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal efek radikal bebas berlebih yang berisiko merusak sel-sel tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, mulai dari penuaan dini hingga penyakit jantung.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C pada satu buah bidara bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini berperan penting dalam mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi atau menghasikan antibodi.

Tidak hanya infeksi, imunitas yang baik juga dapat melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis, misalnya penyakit kanker. Ditambah lagi, buah bidara juga mengandung banyak asam triterpenat yang pernah terbukti dapat membunuh sel kanker melanoma. Meski begitu, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Menurunkan kadar gula darah. Kandungan saponin dan tanin dalam buah bidara bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon insulin dan meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam sel tubuh, khususnya pada penderita diabetes.

“Penelitian terkait manfaat buah bidara ini hanya baru dilakukan pada hewan, sehingga harus diteliti lebih lanjut terkait efektivitasnya pada manusia,” kata dr Airindya.

4. Meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Tingginya serat yang terkandung dalam buah bidara bermanfaat untuk meningkatkan fungsi saluran cerna. Serat dikenal dapat melunakkan tinja, sehingga dapat melancarkan buang air besar dan mengurangi risiko sembelit.

Dokter Airindya mengatakan, manfaat buah bidara masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya Anda menjadikan buah ini sebagai camilan sehat untuk mendapatkan kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

“Selain bisa dimakan langsung atau dikeringkan, buah bidara juga bisa diolah dalam bentuk minuman herbal. Di beberapa daerah, buah bidara yang masih muda juga sering dinikmati dalam bentuk rujak atau manisan,” katanya. (Mursalin Yasland)

× Image