Home > Risalah

Mengapa Alquran Berbahasa Arab? Butuh Orang Berakal Menjawabnya

Tidak akan ada dan tidak akan mampu kitab lainnya menandingi Alquran.

Di akhir QS. Yusuf: 2 Allah SWT berfirman, “Agar kamu memahaminya.” Jadi, Alquran tidak hanya bisa ditafsirkan dengan akal semata sesuai dengan kehendak nafsu; yang cocok diambil sedangkan yang tidak cocok dengannya dibuang atau diselewengkan maknanya. Artinya, hukum yang dibuat oleh akal dan nafsu manusia, akan mengeyampingkan hukum Allah yang telah dirisalah oleh Rasulullah SAW.

Analoginya, tak mungkin seorang anak balita mampu membetulkan mobil yang mogok, meski pun ia berakal. Sama halnya orang menganalisa sesuai dengan kehendak akal dan nafsunya terhadap persoalan yang tidak terjangkau dengan akal dan pikiran manusia, apalagi berkenaan dengan hal yang ghaib. Artinya, tidak ada sebuah perbaikan kecuali mengikuti syariat Allah yang terkisah di dalam Alquran dengan membenarkannya bukan menyangkalnya.

Baca juga: Saat Lapang dan Sempit, Rezeki Itu Ujian

“Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi, yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling kepadanya. Dan sebagian besar mereka tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan Allah (dengan sesembahan-sesembahan lain). (QS. Yusuf: 105-106).

“Maka, tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (mendustakan rasul), dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang bertakwa.” (QS. Yusuf: 109).

Baca juga: Berjumpa di Bawah Payung Madinah

Maka itu, bagi orang yang berakal mampu memahami apa yang tersurat dan tersirat dalam kisah Alquran yang terjadi pada orang sebelum mereka. Sehingga dengan akal dan pikiran (fikroh) yang sehatlah mampu menyelamatkan diri kita dengan bekal ketakwaan mengarungi perjalanan hidup di bumi ini, hingga menuju kampung akhirat yang kekal selamanya.

Untuk itu, bekal ilmu pengetahuan dunia semata ternyata tak mampu membawa diri kita menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Padahal, sesungguhnya kampung akhirat adalah tujuan sebenar-benarnya kebahagiaan dalam hidup umat manusia. (Dinukil dari buku Sepotong Paha dari Aisyah, penulis Mursalin Yasland)

× Image