Home > Kisah

Oksigen, Ketika Sehat Lalai Giliran Sakit Dicari

Harga oksigen semahal itu, ternyata hanya dipakai beberapa hari saja oleh pasien.

Kelangkaan oksigen juga sempat menimbulkan kekisruhan beberapa warga yang membutuhkan oksigen dengan perawat Puskesmas (rawat inap) Kedaton, Bandar Lampung pada 4 Juli 2021. Warga mendatangi puskesmas dini hari, setelah mendapat info Puskesmas tersebut masih ada stok oksigen di saat langka pada era Covid-19.

Setelah memanggil dan memencet bel puskesmas yang telah tutup, seorang perawat keluar. Keinginan mendapatkan oksigen karena kondisi ayah korban kritis, mendapat tanggapan negatif dari perawat tersebut. Terjadilah perkelahian saat itu. Kasus ini berujung di meja hijau dan telah divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Klas 1A Tanjungkarang pada 28 Desember 2021.

Sepintas sepele, tapi masalah oksigen ini berdampak besar. Setiap saat kita menghirup udara sehat yang telah dikaruniahi Allah Subhanahuwata’ala (SWT) berupa oksigen secara gratis dan tak terbatas. Di sisi lain, seorang yang sakit atau pasien rumah sakit sedang membutuhkan oksigen untuk kelancaran pernafasannya, namun jatah atau stok oksigen terbatas dan harganya mahal.

Baca juga: Tukang Becak Naik Haji: Penumpang Gratis di Hari Jumat

Mengenai harga oksigen, penjual toko online mematok harga untuk tabung 1m3 plus isi 200 PSI atau 7,1 liter dengan kisaran Rp 350.000 sampai Rp 500.000. Sedangkan tabung 2m3 plus isi sekira 13 liter kisaran Rp 770.000 sampai Rp 800.000. Sedangkan harga oksigen isi ulang tabung 1m3 kisaran Rp 18.000 sampai Rp 20.000.

Harga oksigen semahal itu, ternyata hanya dipakai beberapa hari saja oleh pasien, nyaris sama dengan kebutuhan minum seperti air galon isi ulang mampu bertahan hingga beberapa hari, bergantung jumlah penggunanya.

Allah SWT berfirman, “Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman 13). Ayat ini diulang-ulang sampai 31 kali, saking pentingnya untuk ditelaah.

Dari pengalaman itu, betapa bersyukurnya Allah SWT memberikan oksigen di muka bumi ini sangat melimpah ketika kita sehat wal afiat, apalagi saat bangun tidur di pagi hari. Sedangkan orang yang sakit membutuhkan oksigen dengan harga yang mahal dan sulit mencarinya, semoga Allah SWT segera mengangkat penyakitnya dan sembuh sediakala, amiin. (Mursalin Yasland)

× Image