Home > Kisah

Sepenggal Cerita dari Negeri Habasyah

Raja Najasyih berikrar bahwa ia lebih baik meninggalkan gunung emas daripada menyakiti salah satu kaum muslimin yang hijrah ke negerinya.

Raja Najasyih yang disebut orang Arab sebagai Ashama ibnu Abjar telah menjadi penyelamat akidah umat Islam pada perjuangan awal kemunculan agama Islam. Kisah hijrah pertamanya kaum muslimin di awal kemunculan Islam terungkap dalam hadist shahih Al-Bukhori yangmengutip penjelasan dari Ummu Salamah, istri Nabi saw yang ikut hijrah pertama tersebut.

Saat ini, Negeri Habasyah sepeninggalan Raja Najasyih berkembang umat Islam. Raja pun silih berganti, umat Islam pun terus mendapat cobaan dan ujianseiring dengan kekuasaan raja yang tidak sama dengan Raja Najasyih. Berdasarkan sensus yang digelar tahun 1994, jumlah penduduk Muslim di Ethiopia mencapai 32,8 persen dari total pendudunya. Umat Islam peringkat kedua terbesar setelah penduduk beragama Nashrani.

Islam, satu-satunya agama yang benar dan diridhoi Allah azza wa jalla. Agama selain Islam tidak diterima Allah swt setelah diutusnya Nabi Muhammad saw. “Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam.” (QS. Ali Imran: 19).

“Dan barang siapa mencari agama selain Agama Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Ali Imran: 85). “Islam itu tinggi, dan tidak ada yang mengalahkan ketinggiannya.” (HR. Ad-Daruquthni).

Kisah hijrahnya kaum muslimin di awal-awal kemunculan Islam menjadi spirit tidak terbatas bagi umat Muslim dalam mempertahankan dan memperjuangkan Islam terhadap musuh-musuhnya.

Selamat memasuki tahun 1440 H, semoga Allah swt selalu memberkahi umat dan perjuangan Islam di bumi-Nya, hingga Islam tetap tinggi dan tidak ada yang menandinginya. Allahu a’lam bishawab. (Mursalin Yasland)

× Image