Home > Risalah

Berbuka dan Sahur dengan Kurma, Tahukah Keistimewaan Kurma dan Pohonnya?

Kurma buah paling banyak gizinya bagi tubuh manusia, karena mengandung inti panas dan lembab.

Para jamaah dari berbagai negara berteduh di bawah pepohonan kurma di Kebun Kurma, Madinah. (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)
Para jamaah dari berbagai negara berteduh di bawah pepohonan kurma di Kebun Kurma, Madinah. (Foto: SumatraLink.id/Mursalin Yasland)

Kurma adalah buah yang dihasilkan dari pohon kurma (Phonix dacty levera). Pohon kurma ini memiliki keistimewaan dibandingkan dengan pohon lain. Selain itu, pohon kurma ini menjadi pemisalan atau perumpamaan bagi orang mukmin.

Baca juga: Jadikan Bulan Ramadhan Tahun Ini yang Terakhir

Dari Ibnu Umar berkata, “Suatu hari Rasulullah SAW bersabda kepada para sahabatnya, ‘Kabarkanlah kepadaku tentang sebuah pohon yang perumpamaannya seperti seorang mukmin?’ Maka para sahabat menyebutkan berbagai macam pohon buah di tanah Badui.

Ibnu Umar mengatakan, “Terlintas dalam benakku, ketika ingin menjawab ‘pohon kurma’, tetapi saya segan menjawabnya, karena banyak para sahabat yang lebih utama dariku. Tatkala para sahabat diam, Rasulullah SAW bersabda, ‘Pohon itu adalah pohon kurma’,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Nabi SAW melanjutkan dalam sabdanya, “Sesungguhnya di antara pohon, ada yang daun-daunnya tidak berguguran, dan itu adalah pemisalan seorang muslim,” (HR. Bukhari). Pada sahabat bertanya lagi, pohon apakah itu ya Rasulullah? “Hiya an-nakhlah (dia adalah pohon kurma).”

Pemisalan atau perumpamaan dalam Alquran itu sangatlah berharga bagi orang yang berpikir. Tatkala Nabi SAW mengumpamakan seorang muslim seperti pohon kurma. Maka penjelasannya, ketegaran takwa dan iman umat muslim itu tidak pernah gugur seperti daun pohon kurma tidak gugur diterpa segala musim baik dingin maupun panas.

× Image